Cara Membuat Pintu Otomatis di Minecraft yang Paling Mudah

2 min read

Keseruan bermain game Minecraft yaitu membangun berbagai macam karakter building, mulai dari rumah dan sebagainya. Tentu setiap bangunan yang dibuat membutuhkan pintu, lalu gimana cara membuat pintu otomatis di Minecraft?. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pemain sehingga bisa menciptakan pintu yang diinginkan. Berikut ulasannya:

1. Lakukan Persiapan Awal

untuk mengawali bermain game, pilihlah game mode di Minecraft yaitu Creative. Dengan memilih mode creative, akan sangat mudah membuat pintu karena bahan sudah tersedia di inventory. Sementara jika pemilihan awal di mode survival akan kesusahan, karena harus mengumpulkan secara manual item yang digunakan.

Yang harus dipilih dari inventory yaitu mengumpulkan bahan yang dibutuhkan guna membuat pintu. Seperti redstone, obor redstone, batu bulat atau cobblestone yang mirip kayu berupa blok padat. Kemudian piston lengket atau sticky piston serta pelat tekanan dari batu. Jika semua bahan sudah dipilih dan disediakan tinggal melakukan langkah berikutnya.

READ  Cara Teleport di Minecraft yang Mudah Dilakukan

2.Tentukan Lokasi dan Memasang Kabel

Menentukan lokasi adalah salah satu cara membuat pintu otomatis di Minecraft yang harus dilakukan. Carilah tanah yang rata dan mulai memilih untuk meletakkan dimana pintu yang selanjutnya digunakan untuk membangun rumah.  Dan persiapan awal dengan mulai memasang kabel.

Buat lubang 2X2X3 sedalam 2 blok, lebar 3 blok serta panjang 2 blok. Kemudian menggali saluran kabel yang disesuaikan dengan koridor tinggi 2 blok serta panjang 2 blok. Hilangkan blok atas yang ada di depan. Ulangi langkah tersebut saat akan menggali saluran kabel.

3. Atur Redstone Dengan Benar

Setelah menggali lubang untuk saluran kabel selanjutnya meletakkan piston lengket pada susunan lubang bawah. Dengan menempatkan redstone pada bagian bawah lubang yang sudah digali, menghasilkan kotak redstone dimensi 2X3.

Selanjutnya dibutuhkan obor redstone pada ujung masing-masing lubang saluran. Dengan artian bahwa obor di blok yang lebih tinggi pada masing-masing  ujung koridor lubang. Bariskan redstone yang sudah disiapkan di koridor dan tempatkan dua redstone di lantai di tiap koridor. Fungsinya guna menghubungkan obor redstone dengan redstone yang ada pada lubang lantai.

READ  4 Tahapan Cara Download Game Basara di Android Paling Gampang

4. Letakkan Blok

Setelah menyelesaikan bagian redstone, cara membuat pintu otomatis di Minecraft selanjutnya dengan meletakkan blok batu bulat. Blok batu bulat ini harus diletakkan pada kedua obor pada redstone. Agar yang dilakukan bisa berhasil, maka pemain bisa menempatkan satu blok di samping obor yang kemudian lekatkan blok kedua di blok tersebut.

Pemain juga bisa menggunakan kayu atau blok padat lainnya. Pada bagian ini pemain bisa menambahkan kreasi blok sesuai yang diinginkan. Sehingga nantinya akan terlihat tampilan pintu yang dibuat berdasarkan bahan blok yang dipilih oleh masing-masing pemain. Jangan lupa untuk menutup lubang saluran menggunakan blok .

5. Gunakan Piston Lengket

Jika semua lubang sudah tertutup rata kecuali bagian blok yang ada redstonenya. Selanjutnya pilihlah piston lengket ke bar atau bilah perlengkapan yang maksimal hanya 8 buah saja di bar. Piston lengket sangat dibutuhkan sebagai salah satu cara membuat pintu di Minecraft. Letakkan piston lengket pada tiap blok-blok yang tampak tinggi.

READ  Cara Teleport di Minecraft yang Mudah Dilakukan

Obor redstone harus ditutupi dengan menghadapkan salah satu blok. Kemudian tempatkan piston lengket di bagian depan dan ulangi prosesnya. Letakkan piston lengket pada atas kedua piston lengket yang tadi sudah ditata. Dan tempatkan redstone di tiap blok-blok yang tinggi untuk mengaktifkan piston lengketnya.

Kemudian pilih bahan pembuat pintu di setiap piston lengket, misalnya batu bulat. Selanjutnya dibutuhkan dua pelat tekanan pada bagian depan serta belakang pintu yang diletakkan di tanah.

Dengan memahami cara membuat pintu otomatis di Minecraft maka selanjutnya bisa melakukan uji coba pada pintu yang sudah dibuat. Arahkan kaki pada kedua pelat tekanan dengan cara bersamaan agar pintu terbuka. Kemudian cobalah melewati pintu tersebut, jika tidak ada masalah maka pintu berhasil dibuat. Pemain bisa membuat pintu dengan mekanisme masing-masing yang lebih mudah.