Inilah Fakta Menarik Game Nintendo Switch Lite Wajib Diketahui

2 min read

Tahun lalu, Nintendo membuat geger di internet karena mengenalkan konsol terbarunya. Alih-alih mengeluarkan Nintendo Switch versi pro atau seri selanjutnya, Nintendo malah mengeluarkan Nintendo Switch Lite yang rilis pada bulan September 2019 lalu. Sepertinya, game Nintendo Switch Lite ini tidak terlalu banyak diharapkan karena tidak ada fitur yang ditambahkan, malah ada beberapa yang dibuang oleh Nintendo.

Pemangkasan beberapa fitur ini bertujuan untuk memangkas biaya harga jual, namun hasilnya Nintendo tidak sekeren yang diiklankan. Lalu, apa saja yang membuat game konsol keluaran terbaru Nintendo ini menjadi tidak sekeren yang diiklankan?

1. Bukan Lagi Konsol Game Hibrida

Kemampuannya yang dapat hidup dalam banyak mode merupakan hal yang berbeda dari Playstation 4 dan Xbox one yang dimiliki Nintendo Switch. Nintendo Switch versi yang terdahulu dapat dimainkan seperti menggunakan konsol game jadul dan diletakkan di dock lalu menghubungkannya ke televisi. Nintendo Switch mempunyai resolusi 720 pixel yang dapat memuaskan mata.

Selain dapat dimainkan dengan mode jadul, Nintendo Switch juga dapat dimainkan dengan mode handheld dan tabletop. Hal ini dapat menjadikan Nintendo Switch menjadi konsol game yang dapat dimainkan kapan pun dan di mana pun. Namun, sayang sekali di game Nintendo Switch Lite beberapa mode tersebut sudah tidak ada lagi. Game konsol ini hanya bisa dimainkan pada mode handheld.

Misalnya saja pemain sedang memainkan game The Legend of Zelda: Breath of the Wild, akan merasakan kemunduran yang sangat luar biasa.

2. Baterai yang Tidak Tahan Lama

Tidak sedikit orang yang mengeluhkan saat memainkan The Legend of Zelda: Breath of the Wild dan Super Mario Odyssey misalnya, karena grafis permainan ini tinggi sehingga pemain hanya mempunyai waktu yang sedikit untuk menyelesaikan permainan ini dengan menggunakan mode handheld. Untuk dua game itu saja, pemain hanya dapat memainkannya tidak lebih dari 3 jam.

Sebenarnya, Nintendo menambahkan daya baterai dalam versi Switch Lite ini, namun hanya sedikit saja. Perbedaan ini akan terasa saat pemain memainkan game dengan grafis gambar pixel. Dibanding versi aslinya, Switch Lite hanya menunjang waktu 30 menit lebih lama. Namun untuk memainkan The Legend of Zelda: Breath of the Wild dan Super Mario Odyssey hasilnya tidak ada bedanya!

3. Membutuhkan Aksesoris Tambahan

Ada beberapa permainan yang membutuhkan aksesoris tambahan karena dibuang di versi Switch Lite-nya. Diversi Switch Lite, tidak ada lagi IR camera pada pada joy-con untuk memainkan game menggunakan sensor gerakan. Padahal fitur ini yang digadang-gadang oleh Nintendo saat pertama kali mereka jualan. Game 1-2 Switch dan Super Mario Party yang membutuhkan fitur ini malah tidak ada.

Sebenarnya masih bisa memainkan games dengan menggunakan joy-con, namun harus dibeli terlebih dahulu dengan harga Rp. 1 juta. Sepertinya agak rugi membeli game Nintendo Switch Lite jika seperti ini.

4. Penyimpanan yang Masih Tidak Tetap

Nintendo Switch mempunyai kapasitas penyimpanan sebanyak 32 GB untuk menyimpan game dan semua datanya di sana. Sayangnya, kapasitas penyimpanan tersebut masih terasa sangat kurang bahkan untuk game kasual. Jika akan membeli game versi digital-nya dari Nintendo eShop, mau tidak mau harus menambah micro-SD agar dapat menyimpan lebih banyak game di sana.

Nintendo sendiri masih belum memastikan berapa besaran ruang penyimpanan internal atau slot untuk memasukkan micro-SD. Mungkin saja ukurannya masih sebesar 32 GB, tapi tidak bisa ditambah lagi. Kalau begitu adanya, harus pilah-pilih game yang akan dibeli dan disimpan di sana.

5. Harga yang Masih Mahal

Dalam video demonya, Nintendo Switch Lite diberitakan dapat memangkas harga jualnya hingga jadi $199 atau setara dengan Rp2,7 juta. Sayangnya, hal ini tidak bisa berharap semua itu benar-benar terjadi di dunia nyata terlebih di pasar Indonesia karena tetap akan ada pajak dan biaya tambahan lainnya yang pastinya membuat konsol yang satu ini tambah mahal dari hitung-hitungan matematika di atas.

Itulah tadi fakta menarik dibalik Nintendo Switch Lite yang masih banyak orang belum tahu. Jadi apakah game Nintendo Switch Lite ini tetap dinantikan khususnya para penggemar Nintendo? semua kembali pada minat dan juga kegemaran pemain game sekalian.

READ  Game Dokter Bedah 3D Ala Dokter Bedah Sungguhan